✽ Beruang Kutub dan Setengah Maraton
Apakah Anda bekerja di kantor atau lingkungan lain tempat teman kerja mengira wajar kalau mereka meminta sedikit sumbangan untuk kegiatan pribadi ? Saya pernah, dan satu-satunya alasan untuk membenarkannya adalah nanti Anda akan memperoleh kue hasil karya mereka.
Bayangkan Gail dari bagian pemasaran (masih ingat Gail ?) mengedarkan permohonan sumbangan untuk acara setengah maratonnya, dengan hasil yang akan diberikan kesebuah badan amal. Lembaga yang penting bagi Gail, tapi tidak penting bagi Anda. Gail juga meminta sumbangan untuk menyelamatkan beruang kutub atau apa saja. Anda sebetulnya ingin tidak ambil pusing tentang beruang kutub. Namun Anda khawatir tidak mengikuti acara setengah maraton prakarsa Gail akan membuat citra Anda buruk di mata teman-teman kerja, dan setiap Anda bertemu Gail di ruangan istirahat, ia akan berpura-pura tidak melihat dan menghindar.
Sekarang, tanyai diri Anda, apakah saya dengan jujur mempermasalahkan apa yang ada dalam pikiran Gail (atau siapa pun) tentang kesediaan saya mendukung aksi amalnya ? Tentang pandangannya (atau orang lain) terhadap saya ?
Bila jawabannya tidak---yang seyogianya begitu, bila Anda menanggapinya secara serius---lanjutkan dengan pertanyaan, sekadar untuk catatan, apakah saya sungguh peduli dengan beruang kutub ? Bagaimana dengan setengah maraton ?
Bila jawaban atas pertanyaan lanjutan juga tidak, berarti Anda dapat menambahkannya ke daftar Hal-hal Terkait Pekerjaan yang Tidak Usah Diambil Pusing ! Selamat !
Langkah berikutnya---yang akan mengantar ke Bagian III---adalah dengan sopan (artinya tanpa menyakiti perasaan) menolak memberikan sumbangan untuk acara Gail; jadi Anda berhenti ambil pusing tentang apa yang ada dalam pikiran Gail, memutuskan bahwa kegiatan penggalangan dananya adalah sesuatu yang tidak bisa Anda ambil pusing, lalu sungguh tidak ambil pusing tentangnya.
Namun sekali lagi, Anda tidak harus berubah dari yang biasanya selalu peduli menjadi orang yang disingkirkan dari pergaulan di kantor, bahkan tidak diberi pekerjaan.
Ketika mengatakan Anda boleh berhenti ambil pusing tentang apa yang teman kerja pikirkan, yang saya maksud adalah walaupun tidak mengenal mereka secara pribadi, Anda barangkali dapat mengurangi sebagian besar keperdulian Anda terhadap pandangan-pandangan mereka yang memengaruhi keputusan-keputusan dalam hidup Anda.
Contoh lain, misalkan salah seorang teman kerja Anda, Tim, mengadakan pesta ulang tahun di sebuah kafe karaoke. Apa pun alasannya, Anda tidak ingin datang, tapi ini acara yang membuat Anda terpaksa menghadirinya---walaupun Anda akan rugi sendiri, misalnya menjadi kurang tidur, harus mengeluarkan biaya tambahan untuk makan dan minum, dan rasa hormat pada diri sendiri. Saya tidak menganjurkan Anda menanggapi undangan seperti itu dengan menertawakannya, atau mengiriminya gambar yang menyindir. Saya semata berkata bahwa Anda bisa---dengan sopan---menolak undangan itu dan percaya bahwa itu tidak menyebabkan kiamat bagi Anda. Anda mencoret sebuah kegiatan dalam daftar Anda, dan sebagai ganjarannya mendapatkan malam yang santai.
✽ Awas, ia punya reputasi dalam hal ini
Banyak orang yang saya ajak bicara tentang tidak usah ambil pusing di tempat kerja sesungguhnya tidak terlalu mempermasalahkan menyinggung perasaan dan lebih khawatir tentang merusak reputasi mereka sendiri. Namun, inilah tepatnya mengapa Metode NotSorry terlalu mencemaskan melukai perasaan orang lain atau tidak menjadi orang yang menyebalkan. Keduanya sama-sama berkontribusi terhadap reputasi Anda sebagai karyawan, teman kerja, atau atasan.
Yang penting adalah persiapan dan keterampilan. Anda perlu mengartikulasikan hal yang dipermasalahkan itu pada diri sendiri---dengan menjelajah kandang mental Anda dan menyusun daftar serta mencermati Anggaran Tidak Ambil Pusing---sebelum sampai melukai perasaan siapapun di dunia nyata. Lalu, bertindaklah sesuai dengan itu.
Bila memutuskan, misalnya, bahwa Anda tidak ambil pusing tentang ikut piknik tahunan perusahaan, ya... tidak usah pergi. Mereka tidak bisa memecat Anda karenanya, dan Anda bisa menggunakan tiga jam itu untuk menyelesaikan membaca novel atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Itu tidak sama dengan membuat kabar bohong tentang bom sehingga perusahaan membatalkan acara piknik. Anda hanya perlu memberitahu panitia. Sejujurnya, boleh jadi tidak ada yang peduli dengan kehadiran Anda di sana; Anda tidak usah merasa menjadi orang penting.
Seperti biasa dikatakan oleh Obama, "Izinkan saya menjelaskan". Salah satu hal yang dulu selalu saya pusingkan terkait pekerjaan---baik sebagai karyawan maupun sebagai pekerja mandiri---adalah reputasi saya. Mengatur waktu dan energi, mengasah kemampuan berfokus dan berkarya, serta dihormati orang lain adalah unsur-unsur yang dapat mempertahankan reputasi bagus, jadi saya meletakkannya di urutan atas dalam daftar Hal-hal yang Harus Saya Pedulikan.
Dan kalau saya mempunyai reputasi sebagai orang yang tidak bersedia ikut dalam rapat melalui telepon ? Anda boleh saja memberi saya cap buruk, tapi saya tidak ambil pusing. (Tapi saya sungguh menyaring telepon-telepon saya).
✽ Yang ini bukan dokumen tidak berguna
Saya mengatakan situasi yang ideal untuk menyusun daftar adalah duduk di lantai yang keras, sambil menjelajah kandang mental, pelan-pelan mulai kesemutan dan mati rasa dari pinggul ke bawah ketika Anda mengalami Fuck Overload. Bagaimanapun, saya akan membuat pengecualian untuk kategori Pekerjaan kalau ini daftar yang bisa dibuat sambil mengikuti rapat. Masa bodoh dengan rapat !
Jangan lupa, Pekerjaan punya beberapa subkategori, misalnya Atasan, Teman Kerja, Politik Kantor, Rapat, Memo, dan sebagainya. Selanjutnya, Teman Kerja dapat terdiri atas beberapa sub-kategori lagi, misalnya Perasaan, Ulang Tahun, dan Peliharaan Sakit.
Bayangkan sederet lemari arsip berjajar di dinding kandang Anda. Coba buka setiap lacinya, satu demi satu, lalu buat daftar tentang semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan di dalamnya.
Setelah itu (dan hanya setelah itu) Anda bisa beralih ke Kategori Tiga : Teman, Kenalan, dan Orang Asing.
✽ Catatan tentang tingkat kesulitan
Seperti badai, Empat Kategori Hal yang Berpeluang Merepotkan semakin rumit seiring jumlahnya, Saya yakin Anda mampu melewatinya, tapi kalau Anda ragu tentang beralih ke Kategori Tiga, ketahuilah bahwa kita sedang bicara tentang hal-hal yang luar biasa praktis.
Kalau pernah duduk di sofa sambil membayangkan cara membebaskan diri dari situasi membosankan di sebuah pesta bersama teman, Anda pasti sangat berharap dapat beralih ke kategori berikutnya. Mungkin awalnya agak kurang nyaman, tapi begitu pula seandainya naskah kuno Yunani dibacakan menggunakan cara orang Aceh mendongeng.
Komentar
Posting Komentar